Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Blogger Pemula


Themelix | Sebuah Website untuk berkarya, selogan ini sekarang semakin ditinggalkan, para pembaca setia lebih memilih menghabiskan kuota bulanan mereka untuk menikmati Konten Non Text. Kebanyakan orang menggunakan mesin pencari hanya untuk mencari berita viral dan soal kunci jawaban dari tugas kampus atau PR sekolah.

Website berita, tentus aja jangan ditanya sebagai blogger pemula jangan harap dengan mencopas atau merewrite berita dari sistus-situs besar akan membuat blog kamu menjadi web portal berita nasional juag, ingat yang instan cukup indomie saja.

Mugkin jika kamu mulai membangun sebuah website yang menyediakan kunci jawaban atau konten pendidikan lainya bisa jadi akan lebih mudah mejeng di SERP namun konten pendidikan selalu membutuhkan keahlian spesifik dan pemicu dari dunia nayata.

Contoh paling mudah adalah, seorang tenaga pengajar yang memberikan tugas kepada murid didiknya, dengan keyword targeting dari websitenya sendiri, "untuk materi soal dan pendalaman kalian bisa cari di web ini ya" selesai sangat mudah untuk mendapatkan trafik dari para murid.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk dapat sukses menjadi seorang blogger pemula?

Tentukan Tujuan

Hal utama yang harus kamu lakukan sebelum membuat blog adalah menentukan tujuan. Kamu harus tahu, apakah nantinya blog ini akan menjadi prioritas atau hanya sekedar menjadi sampingan dari waktu luangmu. Umumnya ada beberapa alasan orang memilih menjadi blogger;
  • Orang tersebut memiliki passion dalam menulis 
  • Senang Berbagi karya tulis, seperti cerpen, foto pantun
  • Ingin menghasilkan uang dari internet
Ketika sudah menentukan tujuan, maka nantinya kamu akan mengetahui langkah awal apa sajayang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dari blog yang akan kamu bangun.

Mulai dari menentukan platform untuk menulis blog, mau yang gratis atau berbayar? memilih blogspot atau worpress? menentukan nama blog kamu mengatur tampilan, membuat konten, hingga mempromosikan blog kamu sampai pada titik profesional.

Oleh karena itu, memiliki tujuan yang pasti akan sangan menentukan langkah awal kamu dalam  proses dalam berkarier sebagai seorang blogger. 

Memilih Platform Blog

Akan menjadi sesuatu yang aneh kalau kamu ingin menjadi blogger, tapi tidak memiliki blog. Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya yaitu membuat platform yang akan menjadi blogmu. Tentunya pada saat ini, banyak tersedia berbagai macam jenis website penyedia blog seperti, WordPress.com, Blogger.com, Wix, Medium, dan masih banyak lagi. 

Misalnya, jika kamu ingin menggunakan Blogger.com, kamu tinggal  mengikuti beberapa langkah berikut: 
  1. Login ke blogger dengan akun gmail
  2. Di sebelah kiri, klik tanda panah bawah. 
  3. Kemudian klik Blog baru.
  4. Masukkan nama blog.
  5. Klik berikutnya.
  6. Pilih URL atau alamat blog.
  7. Klik simpan
Selain itu, bagi kamu yang menggunakan website lainnya kamu tinggal melakukan pendaftaran lalu mengikuti setiap langkah-langkahnya. 

Tentukan Target Pembaca Blog Kamu

Sebelum memulai membuat konten, penting bagi kamu untuk mengetahui siapa yang akan mengakses blog-mu. Sama halnya dengan berbisnis, kamu harus memahami calon pembacamu. Karena dengan mengetahui siapa pembaca yang ingin kamu targetkan, akan mempermudahmu untuk membuat konten yang cocok bagi mereka.

Untuk mempermudah dalam menentukan calon pembaca, kamu bisa membagi mereka menjadi beberapa kelompok demografi seperti,
  • Gender
  • Usia
  • Pekerjaan
  • Hobi
Setelah itu, dari target pembaca yang suah di tentukan kamu bisa membuat niche konten yang sesuai dengan minat baca mereka. Contohnya, kamu menyukai menulis mengenai tempat-tempat wisata, maka para traveller dan pelancong sangat cocok sebagai niche dari blog-mu.

Kemudian setelah menentukan dua hal tersebut, maka kamu bisa mengembangkan berbagai topik konten tulisan yang cocok dengan niche pembacamu.

Mendesain tampilan blog


Setelah memiliki platform blog, jangan lupa juga merapikan tampilan blog-mu menjadi lebih menarik. Kamu mungkin pasti tahu, bahwa kebanyakan inti dari blog itu sendiri adalah tulisan. Jika tampilan blog-mu tidak diatur semenarik mungkin, maka tidak menutup kemungkinan pembaca malah malas mengunjungi blog-mu.

Baik bagi kamu yang menggunakan Blogger ataupun WordPress, pada saat ini sudah banyak tersedia berbagai tema menarik yang bisa kamu gunakan untuk menunjang tampilan blog-mu. Tapi jangan sampai lupa, bahwa tampilan blog tersebut harus disesuaikan dengan pembacamu. 

Misalnya, target pembaca dari blog mu adalah laki-laki pecinta otomotif, maka akan terasa kurang cocok kalau tema blog-mu penuh dengan warna mencolok. Pilihan warna gelap seperti hitam-putih, atau coklat akan lebih sesuai dengan target pembacamu. 

Bagi kamu yang menggunakan WordPress, kamu dapat mengunjungi menu ‘Preference’ yang ada di halaman dashboard pada wp admin untuk mengatur tampilan blog. Nantinya kamu juga dapat mengatur berbagai komponen dan elemen yang ada di halaman blog-mu seperti,
  • Judul (Title)
  • Header
  • Konten isi
  • Sidebar
  • Widget
  • Footer
  • Navigation bar
  • Menu bar
  • Sharing button

Tentunya bila kamu memiliki tampilan blog yang menarik, maka tidak hanya dapat memudahkan pengunjung membaca kontenmu, tetapi juga bisa membuat mereka terkesan dan kemungkinan akan kembali lagi ke blog-mu. 

Buatlah konten yang original

Di zaman serba digital seperti saat sekarang ini, mungkin sangat mudah menemukan berbagai konten menarik. Mulai dari tulisan, cerpen, dan lain-lain. Sebagai seorang blogger kamu sah-sah saja jika mendapatkan inspirasi. Namun, cobalah untuk selalu membuat konten yang original.

Tak jarang beberapa karya malah menjadi masalah ketika pembuatnya ketahuan mencontoh milik orang lain. Alangkah baiknya nanti setiap konten yang kamu buat memiliki keunikannya sendiri, tanpa bergantung kepada karya orang lain.

Kuasai kemampuan teknikal

Bagi kamu yang baru ingin memulai menjadi seorang blogger, tidak ada tuntutan agar bisa menguasai kemampuan teknis secara cepat. Adapun kemampuan tersebut dapat kamu pelajari secara bertahap sejalan dengan pembuatan konten pada blog. 

Namun, seperti yang kamu ketahui, bahwa industri blogger cukup besar. Sehingga agar dapat bersaing dengan baik, ada beberapa skill selain menulis yang kamu butuhkan untuk bisa menjadi blogger profesional. Beberapa diantaranya seperti, 

CSS dan HTML 

Hah, bukannya hal ini berhubungan dengan coding ya? Yap memang benar. Namun sebagai seorang pemilik blog, paling tidak kamu harus cukup memahami bagaimana blog tersebut bekerja. Adapun alasannya karena nantinya kamu pasti akan terlibat dengan komponen-komponen penting pada blogmu seperti, alt image, heading structure, dan kode-kode penyusun kontenmu.

Contohnya, jika biasanya kamu menggunakan ctrl+b pada keyboard, maka pada HTML kamu bisa menggunakan kode <b>Bold</b> atau untuk tulisan dalam satu paragraf kamu bisa menggunakn kode, seperti <p>cara menjadi blogger</p>. 

SEO

SEO termasuk kemampuan penting karena sangat mempengaruhi performa blog-mu di mesin pencarian seperti Google. Sehingga beberapa hal, seperti penggunaan kata kunci, meta information, penyusunan judul/sub judul, sangat berdampak terhadap konten yang kamu buat nantinya.

Selain dari dua skill diatas, sebenarnya masih banyak lagi yang harus kamu pelajari seperti, analisis audience, marketing, hingga mengelola traffic.

Bangun hubungan dengan sesama blogger 

Tidak ada yang salah menjadi blogger yang bekerja secara sendiri. Namun, ketika kamu dapat membangun networking yang baik dengan sesama blogger, kemungkinan berbagai peluang kerja sama akan semakin terbuka lebar. Namamu juga akan dikenal, sehingga memudahkan kamu untuk mengetahui informasi terbaru dan juga mempelajari hal-hal penting dari rekan blogger yang lain. 

Konsisten

Yap, konsisten merupakan langkah penting untuk menjadi blogger profesional. Kamu tentunya harus dapat secara konsisten dalam memproduksi konten. Tapi, konteks dalam hal ini bukanlah memproduksi konten secara terus menerus. Kamu dapat menentukan jadwal publisnya. Adapun selain dapat mempermudah blogmu untuk semakin dikenali, dengan konsistensi kamu dapat membuka lebih besar peluang untuk dapat berinteraksi dengan pembaca. 

Itulah beberapa langkah dan cara menjadi bloger pemula. Tentunya bagi kamu yang masih pemula, sangat perlu untuk tetap belajar. Karena semakin banyak kemampuan yang kamu kuasai, maka semakin besar pula peluang yang mungkin datang kepadamu.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Blogger Pemula"